petir

Selasa, 05 Maret 2013

                         Macam-macam Jaringan Komputer

 

1. Macam-macam Jaringan Komputer Berdasarkan Skalanya

  • Local Area Network (LAN) :: sebuah jaringan komputer yang menghubungkan satu komputer lokal atau lebih untuk saling terhubung atau berkomunikasi, dan biasanya menggunakan HUB/Server. Jaringan LAN pada umumnya dibangun dalam 1 ruang misalnya rumah atau kantor.

  • Metropolitant Area Network (MAN) :: mirip dengan jaringan area lokal (LAN), tetapi meliputi seluruh kota atau kampus. MAN dibentuk dengan menghubungkan beberapa LAN. Dengan demikian, MAN lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari wide area network (WAN). MAN sangat efisien dan menyediakan komunikasi cepat melalui kecepatan tinggi operator, seperti kabel serat optik.
  • Wide Area Network (WAN) :: Sebuah WAN menghubungkan lebih dari satu LAN dan digunakan untuk wilayah geografis yang lebih besar. WAN yang mirip dengan sistem perbankan, di mana ratusan cabang di berbagai kota yang terhubung satu sama lain untuk berbagi data resmi mereka. Sebuah karya WAN dengan cara yang sama seperti LAN, hanya pada skala yang lebih besar. Biasanya, TCP / IP adalah protokol yang digunakan untuk WAN dalam kombinasi dengan perangkat seperti router, switch, firewall dan modem.

2. Macam-macam Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

  • Peer-To-Peer (P2P) :: yaitu komputer terhubung lansung satu dengan lainnya, tidak menggunakan perangkat tambahan seperti bridge atau server sebagai penghubung. Jadi jaringan komputer yang satu ini dapat berkomunikasi langsung antar komputer satu dengan yang lainnya baik itu secara software maupun hardware.
  • Client – server :: Jaringan komputer yang satu ini membutuhkan komputer server sebagai perantara antar komputer client. berfungsi untuk mengontrol akses antara klien u/ berkomunikasi dgn computer lain.

3. Macam-macam Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Jaringan

 

  • Topologi bus :: Semua komputer dalam jaringan terhubung dgn jalur utama (backbone), pada umumnya menggunakan kabel biasa disebut dengan (BUS). Semua komputer dapat terhubung dalam sebuah jaringan dengan menggunakan mediautama (BUS)
  • Topologi bintang/star :: jaringa komputer ini paling sering digunakan pada saat sekarang ini, komputer – komputer terhubung melalui konsentrator seperti Switch, HUB atau keduanya. Jadi komputer dapat terhubung dengan komputer lain dengan aman, meskipun salah satu dari komputer ada yang bermasalah, maka komputer lain tidak dipengaruhi dan tetap bisa terhubung.
  • Topologi cincin/token ring :: model jaringan komputer yang mirip dengan  cincin, komputer satu dengan komputer lainnya terhubung seperti lingkaran, misalnya komputer pertama terhubung ke komputer dua, komputer dua terhung ke komputer tiga dan begitulah seterunya, sampai komputer terakhir akan kembali lagi ke komputer yang pertama. namun jaringan komputer ini memiliki kelemahan yaitu jika salah satu komputer rusak/bermasalah maka jaringan komputer juga ikut bermasalah.
  • Topologi jala atau Topologi mesh :: suatu jaringan komputer yang terhubung dengan komputer-komputer secara langsung ke komputer lainnya yang terdapat di dalam jaringan. Jadi, di dalam topologi mesh setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan komputer yang dituju. ( id.wikipedia.org )
  • Topologi pohon :: jenis jaringan yang digabungkan antara topologi BUS dan topologi Star. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi BUS sebagai jalur utama (backbone). Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur utama. ( id.wikipedia.org )
 

4. Macam-macam Jaringan Komputer Berdasarkan media transmisi data

  • Jaringan Berkabel (Wired Network) :: Suatu jaringan komputer yang menggunakan kabel, jadi untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Fungsi Kabel jaringan untuk mengirim informasi dalam bentuk listrik antar komputer jaringan.
  • Jaringan Nirkabel(WI-FI) :: suatu jaringan yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Jaringan ini tidak membutuhkan kabel lagi agar bisa terhubung antar komputer satu dengan komputer lainnya, karena jaringan ini hanya menggunakan gelombang elektro magnetik yang nantinya akan mengirim sinyal informasi antar komputer jaringan.

itulah macam-macam jaringan komputer,semoga bermanfaat buat yg membutuhkan
terimakasih...

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar